Sabtu, Juni 15, 2024

Durian Enak Buat Semua Tapi Tak Semua Orang Boleh Makan, Simak Kondisi Ini!

Must Read
Tolong Kasih Bintang Penilaian. Terima kasih.

Nih, teman-teman sehat, siapa yang gak asyik sama si raja buah, durian? Yap, durian emang terkenal banget sama baunya yang bikin kepala pusing dan daging buahnya yang lembut abis.

Namanya juga ‘raja buah,’ kan? Tapi, ada juga nih orang-orang yang ogah banget sama durian karena baunya yang kayak bom parfum.

Tapi, jangan dipandang sebelah mata, ya. Durian ini rupanya bukan cuma bikin kantong aroma aja, tapi juga kantong nutrisi kita jadi kenyang!

Menurut info dari Kompas.com via Healthline, durian itu beneran kaya senyawa antioksidan yang bisa nge-neutralize radikal bebas yang bisa bikin kanker.

BACA JUGA: Gaya Glossy Lips Jadi Tren di 2024, Intip Dong Jenis Glossy Lips yang Oke Buat Kulit

BACA JUGA: Makin Tua, Makin Kece, Artis Korea 40-an yang Buktikan Kecantikan Gak Luntur

Berbagai senyawa di dalam durian juga katanya bisa ngebantu ngontrol kadar kolesterol dan ngurangin risiko pembuluh darah tersumbat yang bagus buat jantung.

Tapi, jangan seneng dulu. Ada beberapa kondisi yang bikin durian jadi musuh, lho.

1. Buat yang lagi on diet, nih! Soalnya, durian itu kaya banget kalori, Bro. Satu gram durian aja udah mengandung sekitar 357 kalori, loh. Kalo lo lagi ngejar berat badan ideal, mendingan dihindarin aja buat sementara.

2. Buat yang punya masalah sama gula darah. Durian punya indeks glikemik rendah sih, jadi gula darah nggak langsung melonjak. Tapi tetep, kadar gula dan kalorinya tinggi. Jadi, kalo lo punya diabetes, mendingan diskusi dulu sama dokter sebelum makan durian.

3. Buat yang suka ngopi-ngopi. Nih, yang suka minum alkohol, better think twice buat makan durian, Bro. Katanya, senyawa mirip sulfur di durian bisa ganggu enzim yang ngebantu breakdown alkohol. Jadi, bisa-bisa ntar lo malah dapet efek aneh kalo makan durian setelah minum alkohol.

4. Buat yang punya masalah sama ginjal. Kalo lo punya riwayat gangguan ginjal atau lagi cuci darah, better skip aja durian. Kadar kaliumnya bisa tinggi banget, dan kalo kebanyakan, bisa bikin masalah buat ginjal lo.

5. Buat yang lagi hamil. Wanita hamil mungkin perlu perhatian ekstra. Meskipun durian punya asam folat bagus buat perkembangan janin, tapi kalo kebanyakan, gula tinggi di dalamnya bisa bikin berat badan janin naik. Jadi, makan secukupnya aja, ya, Sis!

6. Buat yang punya riwayat alergi. Nah, buat yang punya riwayat alergi, hati-hati juga ya! Meskipun jarang, durian bisa bikin reaksi alergi yang nyebabin kulit merah dan gatal. Better check yourself before you wreck yourself, Bro!

Intinya, durian emang enak dan sehat banget buat yang bisa makan. Tapi, buat yang punya kondisi-kondisi tertentu, lebih baik konsultasi dulu sama dokter sebelum nyobain buah king of fruits ini. Stay healthy, Bro and Sis!

------

Info Viral Gabung di Channel WHATSAPP kami atau di Google News

Berlangganan Info Menarik Kami

Silahkan subscribe email anda! Jangan lewatkan, hanya artikel dan tips menarik yang akan kami kirimkan ke Anda

Latest

Jadwal KM Leuser 2024 Juni-Juli 2024 Rute, Harga Tiket, dan Tips Beli Tiketnya!

Brosis, Buat kalian yang mau traveling naik KM Leuser, ini nih jadwalnya dari 12 Juni sampai 7 Juli 2024....

More Articles Like This

Favorite Post