Senin, Desember 11, 2023

Nikmati Paket Khusus Wisata Kebugaran di Indonesia, Bisa Sehat Sambil Jalan-Jalan

Must Read
Tolong Kasih Bintang Penilaian. Terima kasih.

Wisata kebugaran atau wellness tourism termasuk salah satu tren pariwisata yang berkembang setelah pandemi Covid-19.

Pemerintah Korea Selatan (Korsel) melalui kantor perwakilan pariwisatanya di Jakarta memperkenalkan wisata kebugaran (wellness tourism).

Wisata ini dikenalkan sebagai salah satu tren baru di Negeri Ginseng untuk wisatawan asing termasuk turis asal Indonesia.

Sejumlah negara lain, seperti Thailand dan Jepang pun juga sudah menawarkan pilihan wisata kebugaran, mulai dari spa, berendam di air panas yang berkhasiat, trekking di alam, hingga yoga.

Ketua Umum ETNA (Ethnowellness Nusantara) Tourism Tanri Abeng mengatakan, pariwisata di Indonesia memiliki kekayaan yang dibutuhkan untuk mengembangkan industri ini, termasuk potensi yang menunjang wisata kebugaran.

“Bagi Indonesia potensinya luar biasa. Karena Indonesia memiliki segala macam sumber, kami ingin memanfaatkan apa yang kita miliki,” kata Tanri saat Deklarasi Board of ETNA (Ethnowellness Nusantara) Tourism di Jakarta, Sabtu (8/7/2023).

Menurutnya, kekayaan wisata kebugaran di Indonesia, termasuk fasilitas spa, wisata alam, serta aneka bahan untuk jamu dan herbal, diyakini bisa menarik wisatawan nusantara dan wisatawan mancanegara.

“Karena wisatawan ingin juga supaya lebih bugar, kita promosikan bahwa ini (wisata kebugaran) ada di Indonesia,” tambahnya.

Pentingnya Kolaborasi

Ia menjelaskan, nantinya, organisasi-organisasi yang tergabung dalam ETNA akan bergerak bersama-sama dengan pelaku usaha, pemerintah, dan masyarakat untuk mengembangkan wisata kebugaran di Indonesia.

Kerja sama ini penting karena, menurut Tanri, wisata biasa sudah cukup berkembang di Indonesia.

Dengan demikian, yang perlu didorong adalah agar paket aktivitas kebugaran ke depannya bisa diintegrasikan ke dalam aktivitas wisata biasa.

Ia memberikan contoh di Bugis, Sulawesi Selatan, ada banyak kapal pinisi yang akhirnya dihias dan disiapkan sedemikian rupa untuk menjadi kapal wisatawan.

“Kalau kapal masuk di situ, bisa difungsikan, kita juga dari wellness (tourism) kita jual juga bagaimana (paket wisata) agar wisatawan lebih sehat dan bugar,” ujarnya.

Misalnya, pelaku usaha wisata seperti penginapan bisa menyediakan paket jalan-jalan yang diakhiri dengan kunjungan ke spa atau layanan kesehatan tertentu.

Paket Wisata Kebugaran di Indonesia

Tanri menyampaikan, ETNA Tourism tengah menyiapkan sejumlah program kerja, termasuk paket wisata kebugaran di Indonesia.

Paket-paket wisata ini nantinya akan bekerja sama dengan pelaku usaha dan asosiasi wellness yang terkait, di antaranya Wellness and Health Entrepreneur Assosiation (WHEA), Indonesia Wellness Master Assosiation (IWMA), dan Wellness Spa Professional Association (IWSPA).

Salah satu program yang direncanakan akan dibuat, bertajuk “Jakarta Healing Program Days”.

Program selama tiga hari dua malam ini akan mengeksplorasi sejarah dan masyarakat lokal di Jakarta.

Wisatawan pun akan diajak menikmati healing treatment asli dari Betawi, Seger Buger Betawi Treatment.

Beberapa tempat wisata yang akan dituju, seperti Museum Nasional, Masjid Istiqlal, Gereja Katedral, Monas, pasar seni dan barang antik, serta toko batik.

Kemudian ada China Town Glodok, Museum Wayang, Pelabuhan Sunda Kelapa, dan Museum Indonesia.

Bedanya, dalam paket wisata ini setiap harinya wisatawan akan mendapat treatment kebugaran tertentu, seperti Paket Spa Seger Buger dan Pulen Legit Massage Betawi Treatment.

Berlangganan Info Menarik Kami

Silahkan subscribe email anda! Jangan lewatkan, hanya artikel dan tips menarik yang akan kami kirimkan ke Anda

Latest

Update! Harga Emas Antam Hari Ini, 11 Desember 2023, Rp 1.107.000 per Gram

Euy, sobat emas! Hari ini, tanggal 11 Desember 2023, kita bahas nih harga emas Antam yang lagi hits.Jadi, buat...

More Articles Like This

Favorite Post