Sunday, May 22, 2022

Jadi New Mom Sudah Siapkah? Intip Tipsnya Yuk

Must Read
Mohon Kasih Bintang

GENDIS.ID – Berubah menjadi seorang ibu baru setelah kehadiran si buah hati pertama kali, memberikan pengalaman baru dan memiliki banyak kejutan yang tak terduga. Perasaan yang campur aduk, bingung mengurus si buah hati dan rasa sakit yang masih belum hilang pasca melahirkan, belum lagi urusan rumah tangga yang juga harus diselesaikan, membuat new mom (ibu baru) mudah terbawa stress, mudah khawatir dan lelah.

Karena kesibukan new mom yang baru dan tak biasa ini, perasaannya sering sensitif dan panikan. Ibu tidak sendiri, karena sebenarnya banyak new mom merasakan hal yang sama. Ini tips yang baiknya dipahami bagi ibu yang baru saja hamil atau melahirkan:

1) Konsultasi dengan ahli

Hal pertama yang biasanya buat newmom bingung ketika ASI susah keluar, sedangkan bayi sudah menangis minta susu, cara memandikan bayi, bayi tantrum, dll. Cobalah tanyakan kepada dokter ahli laktasi bila ASI susah keluar, tentang masalah dan keluhan yang ibu rasakan, atau ke dokter anak jika bayi sakit. Dengan demikian, ibu tidak panik dan merasa tenang karena sudah menemukan solusi untuk masalahnya. Tetaplah membawa pasangan jika melakukan konsultasi dengan dokter ataupsikolog, karena menjad new mom diperlukan juga kerjasama dari sang suami agar new mom bisa hepi menjalani rutinitas baru.

2) Cari Tau Ilmu Parenting

Rutinitas dan peran baru menjadi seorang ibu, tentunya jugaharus disertai tentang pengetahuan baru tentang parenting, pola asuh, menjaga kesehatan diri sendiri dan bayi, juga peran ibu sebagai istri. Seorang ibu sekaligus istri yang perannya semakin luas sejak punya anak, diperlukan asupan ilmu yang dapat ditemui lewat buku, seminar, membaca jurnal/ berita parenting, hingga sharing session dengan ahli atau sesama Ibu lainnya.

3) Berbagi dengan sesama Ibu Yang Positif

Tak bisa dipungkiri bahwa sharing dan berbagi cerita kepada ibu lain yang membawa pengaruh positif membuat ibu baru lebih nyaman dan merasa mempunyai teman yang mau mendengarnya. Ibu bisa bertukar cerita tentang pengalaman menjadi seorang ibu dan bagaimana cara masing-masing mencari solusi ketika ada masalah.

4) Jadi New Mom, Tetap Luangkan Waktu Me Time

Kenyataan setelah menjadi newmom,berbeda sekali ketika masih single. Saat new mom rasanya banyak sekali tugasdan tanggung jawab yang perlu diselesaikan, tetapi me time penting banget lho bu. Karena me time dilakukan untuk menjaga stablilitas emosi dan pikiran Ibu supaya tidak stress.

5) Mintalah Bantuan, Pilih Prioritas

Dengan rutinitas yang padat apalagi harus bergadang memenuhi kebutuhan sang buah hati, tak salahnya Ibu meminta bantuan kepada suami ataumemiliki asisten rumah tangga untuk membantu menyelesaikan urusan rumah tangga yang lain. Pilihla prioritas manayang harus dikerjakan, kapan harus istirahat dankapan harus meminta bantuan. Disinilah perlu peran suami sebagai pasangan untuk membantu kebutuhan sang Ibu saat lelah dan disibukkan mengurus sang buah hati.

Latest

Inilah Cara Praktis Miliki Kulit Bersih Bebas Komedo

GENDIS.ID - Semua orang pasti ingin tampil cantik dan terlihat awet muda. Sehingga tak sedikit orang yang memilih melakukan...

More Articles Like This

Favorite Post