Kamis, April 25, 2024

Manisnya Tradisi: Mengungkap Cerita di Balik Kue Bulan Mooncake Festival

Must Read
Tolong Kasih Bintang Penilaian. Terima kasih.

GENDIS.ID – Sis Bro, lo tau gak, Festival Kue Bulan 2023 udah digelar tgl 29 September 2023, sis bro! Ini tuh jadi ajang keren yang dirayain sama komunitas Tionghoa setiap tanggal 15 bulan 8 menurut penanggalan Imlek, sis bro!

Nama festivalnya aja udah ngasih tau, makanannya pasti kue bulan, geng! Nah, lo pada mesti bingung kan, kue bulan ini punya makna apa sih dalam Festival Kue Bulan?

TERKAIT: Chuseok Thanksgiving ala Korea: Mengungkap Keajaiban Kehidupan di Korea

Jadi, ini dia nih Festival Kue Bulan atau Mooncake Festival, yang bisa dibilang jadi salah satu perayaan paling gede di kalender komunitas Tionghoa setelah Imlek, sis bro!

Festival Kue Bulan juga dikenal sebagai Mid Autumn Festival alias Festival Pertengahan Musim Gugur. Di sini, kue bulan jadi simbol syukuran yang abis nyantap sambil ngeliat bulan purnama, geng!

Jadi, apa cerita di balik Kue Bulan ini? Gini nih, kue bulan ini dihidangkan khusus pas Festival Kue Bulan alias Mooncake Festival. Katanya sih, makan kue bulan sambil ngeliat bulan purnama itu tradisinya lho.

BACA JUGA: Bocoran Hangat! Aktor Asal Korea Selatan, Lee Sang Yeob, Bakal Nikah Tahun Depan! Siapa Calon Istrinya?

Kue bulannya biasanya bentuknya bulat atau kotak, tergantung selera, sis bro. Kuenya ini tipis dan agak manis, diisi dengan pasta biji teratai. Kadang-kadang, lo bisa nemuin kuning telur asin juga, yang katanya melambangkan bulan, sis bro.

Sekarang ini, kue bulan udah punya macem-macem varian, karena hotel dan restoran keren dari Beijing sampe Singapura bersaing bikin versi terbaru. Ada yang nambahin banyak kuning telur asin, isinya bisa pasta kacang merah, kacang-kacangan, biji-bijian, ham asin, pasta durian, talas tumbuk, sampe sarang burung walet, sis bro.

Ada juga kue bulan yang namanya “Snowy,” yang dibungkus sama pasta tepung beras manis. Selain itu, ada kue bulan es krim yang berbagai rasa dengan isian sorbet mangga buat gantiin kuning telur.

Ukuran kue bulan sih kecil, jadi jarang dimakan langsung satu biji karena isinya banyak. Biasanya dipotong-potong buat ngapresiasi bagian “bulan” di tengahnya.

TRENDING: Langkah Langsung: Panduan Beli dan Pasang e-Meterai di Berkas Seleksi CASN CPNS PPPK 2023!

Nah, yang menarik, katanya kue bulan ini punya peran penting dalam sejarah Tiongkok. Konon, saat dinasti Mongol Yuan yang berkuasa di Tiongkok abad ke-13 dan ke-14 digulingkan, pesan-pesan rahasia buat rencana pemberontakan disembunyikan dalam kue bulan dan dikasih ke para pendukungnya.

Gimana, seru kan cerita di balik kue bulan ini? Gak cuma enak dimakan, tapi punya cerita sejarah keren juga, sis bro!

Trus, sejarah Festival Kue Bulan ini gimana sih? Jadi, denger-denger, festival ini awalnya dimulai dari pemujaan kaisar kuno, tapi ada juga versi sejarah yang nyambung sama pertanian, terutama panen musim gugur.

Soalnya, musim gugur itu musim panen, jadi para petani merayakan panen dengan bikin hari khusus di tengah bulan ke-8 menurut kalender lunar. Mereka ngelakuin ini bukan cuma buat ungkapin terima kasih ke dewa bulan dan alam, tapi juga buat minta perlindungan dan kebahagiaan buat masa depan, sis bro.

Sampai sekarang, hari khusus ini jadi Festival Kue Bulan atau Mooncake Festival. Dan pastinya, hubungannya sama penampilan bulan yang cerah pas perayaan ini, sis bro.

Pas tanggal 15 bulan 8 lunar, bulan tuh keliatan paling cerah dan bulat. Dulu, zaman feodal, kaisar suka memuja matahari di musim semi dan bulan di musim gugur. Terus, para bangsawan dan cendekiawan ikutan juga, buat menghargai bulan yang cerah pas Festival Pertengahan Musim Gugur.

Pada zaman Dinasti Zhou, orang-orang biasa meletakkan kue bulan, semangka, apel, kurma merah, plum, anggur, dan persembahan lainnya di altar. Kue bulan dan semangka yang bentuknya teratai itu penting banget buat simbolisasi keharmonisan keluarga. Adat kayak gini akhirnya jadi tradisi, sis bro.

Terus, di zaman Dinasti Tang, orang semakin peduli sama persembahan ke bulan. Akhirnya, Festival Pertengahan Musim Gugur jadi festival yang rutin. Pas hari itu, orang-orang ngeliat bulan purnama buat doain reuni keluarga, sis bro. Yang jauh dari rumah juga bisa ngungkapin rindu lewat tatapan bulan.

Jadi, gitu deh cerita tentang kue bulan dan Festival Kue Bulan, sis bro! Semoga berguna ya!

------

Info Viral Gabung di Channel WHATSAPP kami atau di Google News

Berlangganan Info Menarik Kami

Silahkan subscribe email anda! Jangan lewatkan, hanya artikel dan tips menarik yang akan kami kirimkan ke Anda

Latest

Promo Hokben Terbaru Hari Ini Setiap Hari Rabu Promo Heboh QRIS Jenius, Beli Paket Simple Set Teriyaki Cuma 9 Ribuan

Hai, Sobat Kuliner! Ada kabar seru nih dari HokBen yang pasti bikin kamu makin happy! Sekarang, dengan menggunakan QRIS...

More Articles Like This

Favorite Post