Sabtu, Juli 27, 2024

Ampuh untuk Manajemen Stres dengan 6 Cara Sederhana Menerapkan Mindfulness

Must Read
Tolong Kasih Bintang Penilaian. Terima kasih.

Mindfulness adalah teknik atau praktik meditasi yang dapat membantu kita fokus pada saat ini dan mengatasi stres.

Ini adalah cara untuk benar-benar memusatkan perhatian kita dan mencegah pikiran kita terganggu oleh gangguan.

Menurut psikolog klinis dan pendiri Embodied Psychotherapy, Victoria Latifses, “Meskipun terlihat sederhana, pikiran manusia sering kali mudah terganggu, dan kita bisa kehilangan kontak dengan sensasi tubuh kita. Ini dapat membuat kita terjebak dalam emosi yang terkait dengan peristiwa nyata atau imajinasi dari masa lalu atau masa depan.”

Melatih mindfulness dapat membantu kita memiliki konsentrasi yang lebih baik dan mengelola stres dengan lebih efektif.

Selain itu, penelitian juga telah menunjukkan bahwa mindfulness memiliki manfaat besar dalam meningkatkan kesehatan kognitif, emosional, dan fisik.

Cara Mudah Melatih Mindfulness di Segala Usia

Kabar baiknya, siapa pun dari segala usia dapat mempelajari mindfulness dan mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari.

Berikut beberapa cara untuk meningkatkan mindfulness dalam hidup, tanpa memandang usia:

  1. Mengadopsi Mantra Harian

Pilih mantra atau afirmasi yang sesuai dengan diri kita.

Ini tidak perlu menjadi sesuatu yang besar atau dalam, tetapi bisa sesuatu yang sederhana seperti “bernapas,” “satu langkah pada satu waktu,” atau “saya kuat dan tangguh.”

Kate Miskevics, seorang terapis di LifeStance Health di Beverly Hills, California, AS, menjelaskan bahwa mantra dan afirmasi dapat membantu meningkatkan kesadaran diri, menghasilkan perasaan positif, dan mengurangi gejala kecemasan.

Manfaatnya adalah memusatkan pikiran kita pada saat ini dan mencegah terlalu banyak merenungkan masa lalu atau masa depan.

Anda bisa mencoba menjadikan pengulangan mantra sebagai bagian dari rutinitas pagi atau malam hari atau memasangnya sebagai latar belakang ponsel.

2. Berjalan Kaki dengan Penuh Kesadaran

Kita berjalan sepanjang hari, tetapi berjalan dengan penuh kesadaran adalah pengalaman yang berbeda.

Cobalah berjalan dengan lebih sadar, merasakan sensasi saat kaki menyentuh tanah, menghirup aroma di sekitar kita, dan meresapi momen tersebut.

Ini akan memperkuat hubungan kita dengan diri sendiri dan alam.

3. Ambil Jeda Saat Aktivitas

Ketika kita berpindah dari satu aktivitas ke aktivitas lainnya, seperti saat bangun tidur di pagi hari atau meninggalkan rumah, cobalah untuk mengambil jeda sejenak.

Tarik napas dalam-dalam, ungkapkan rasa syukur atas perpindahan ini, dan hadirkan diri kita sepenuhnya dalam momen tersebut.

Ini membantu kita meningkatkan kehadiran, kesadaran, dan kendali diri saat berpindah dari satu tugas ke tugas lainnya.

4. Tuliskan Rasa Syukur

Menurut Victoria Latifses, menulis rasa syukur setiap hari adalah salah satu cara terbaik untuk merawat pikiran, tubuh, dan hubungan kita.

Setiap hari, tulislah tiga hal yang kita syukuri, entah itu di ponsel atau dalam catatan.

Hal-hal yang kita cintai, prestasi yang telah kita capai, pelajaran yang telah kita pelajari, atau hal-hal yang memberikan makna dalam hidup kita.

5. Mendengarkan Musik

Musik memiliki kekuatan untuk merangsang perasaan tertentu.

Mendengarkan musik secara sadar, dengan fokus pada lirik, melodi, ritme, dan harmoni, dapat membantu kita berlatih mindfulness sepanjang hari.

Dengarkan lagu yang kita sukai dengan niat untuk mendengarkannya secara penuh perhatian. Ini adalah cara sederhana untuk meningkatkan kesadaran kita.

6. Melibatkan Tangan yang Tidak Dominan

Cobalah melakukan tugas-tugas sederhana dengan tangan yang tidak dominan.

Ini memaksa pikiran kita untuk lebih berfokus dan menjadi lebih sadar.

Aktivitas seperti menyikat gigi, menulis nama kita, menggambar, atau menggantungkan kunci dengan tangan yang tidak dominan dapat membantu meningkatkan perhatian dan kesejahteraan kita.

Dengan menerapkan praktik-praktik sederhana ini dalam kehidupan sehari-hari, kita dapat meningkatkan mindfulness dan mengalami manfaatnya untuk kesejahteraan fisik, emosional, dan mental kita.

------

Info Viral Gabung di Channel WHATSAPP kami atau di Google News

Berlangganan Info Menarik Kami

Silahkan subscribe email anda! Jangan lewatkan, hanya artikel dan tips menarik yang akan kami kirimkan ke Anda

Latest

MP3 Juice Full Download Gudang Lagu MP3 dan MP4 Gratis Terbaru 2024

Yo, musik udah jadi bagian penting dari hidup kita sehari-hari, kan? Kini, berkat teknologi canggih, kita bisa dengerin lagu...

More Articles Like This

Favorite Post