Jumat, Mei 3, 2024

Makin Rame Kontroversi Nyamuk Wolbachia di Bali, Tapi Kemenkes Ngegas ke Daerah Lain

Must Read
Tolong Kasih Bintang Penilaian. Terima kasih.

Lagi rame nih soal nyamuk wolbachia di Bali, guys! Jadi, rencananya mau sebar jutaan telur nyamuk wolbachia di Denpasar dan Buleleng, tapi eeh, malah jadi heboh kontroversi, bray. Padahal, udah dipersiapin tuh telur-telur wolbachia buat disebarin di Denpasar tanggal 13 November 2023, trus di Buleleng tanggal 12 November 2023.

Tapi ternyata, akhirnya mereka nyerah buat sebarin wolbachia di dua kota itu, gara-gara ada hal-hal yang bikin berisik gitu.

Siti Nadia Tarmizi, Kepala Biro Komunikasi dan Pelayanan Publik Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI, bilang kalo memang ada penundaan. Alasannya? Karena ada orang-orang yang masih bingung dan belum paham betul soal manfaat wolbachia ini. Kayaknya kurang rame yang nerangin, deh.

Nadia ngejelasin, “Penundaan lebih kepada kurang optimalnya penyiapan masyarakat, sehingga ada pihak yang merasa belum mendapatkan informasi yang sebenarnya.” Makanya, pada Rabu kemaren (15 November 2023), dia ngakuin kalo sebaran wolbachia ditunda.

Katanya sih, bukan masalah teknologi, tapi lebih ke info dan kesiapan masyarakat, bro. Ada kelompok yang sok sokan ngaku cinta Bali dan maksa nunda dulu sebelum semuanya dapet info dan siap secara memadai. Padahal, sebenernya teknologinya udah terbukti oke dan aman, guys!

Uji Coba Nyamuk Wolbachia Di Bali Nunggu Kemenkes

Rencana sebar telur nyamuk wolbachia di Denpasar, Bali, batal dijalankan, guys. Katanya sih, banyak yang khawatir bakal ngefek buruk buat kesehatan masyarakat, tapi entah efeknya apa, gak disebutin jelas.

Wali Kota Denpasar, I Gusti Ngurah Jaya Negara, cerita kalo dia mah gak ada rencana apapun buat sebar telur wolbachia sebelum Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI ngasih keputusan. Mereka sempet bikin rapat serius nih, diskusiin tentang wolbachia sama tim ahli dari Universitas Gadjah Mada (UGM), dan juga pihak ketiga.

Jaya Negara ngebahas, “Walaupun banyak warganya berharap penyebarannya ditunda dulu, itu bukan karena kita yang nunda, guys.” Dia tambahin, kalo Pemkot Denpasar bakal ikut andil kalo Kemenkes yang ngurusin prosesnya, bukan pihak ketiga.

“Kalo nanti Kementerian Kesehatan yang ngelakuin, bukan pihak ketiga, baru deh kita mantapin buat sebar telur nyamuk wolbachia itu,” pungkas Jaya Negara.

Penerapan Nyamuk Wolbachia Sudah Jalan Ke Daerah Lain

Jangan cuma mikirin Bali doang, soalnya proyek keren nih, ngegempur Demam Berdarah Dengue (DBD).

Kemenkes, lewat jurus andalan, si Wolbachia, lagi gencar-gencarnya nih buat merambah ke daerah lain.

Siti Nadia Tarmizi, juru bicara kece dari Kemenkes, udah klarifikasi.

Proyek penyebaran Wolbachia tetap lanjut ke daerah lain di Indonesia. Ini berdasarkan Keputusan Menteri Kesehatan RI yang bikin jalannya proyek tetep oke.

Nah, sebelumnya, Wolbachia udah dites di Yogyakarta sama Bantul tahun 2022, guys.

Hasilnya? Luar biasa! Kasus demam berdarah amblas 77 persen, dan orang yang harus di-rawat di rumah sakit turun drastis sampe 86 persen. Mantap, kan?

Jadi, Wolbachia ini basically nge-disable virus dengue di tubuh nyamuk Aedes aegypti.

Gampangnya, nyamuk ini kan kalo ber-Wolbachia, virus dengue-nya jadi lumpuh dan ga bisa lompat ke tubuh manusia.

Gimana caranya? Kalo nyamuk jantan yang ber-Wolbachia nikah sama yang betina, otomatis virus dengue di betina langsung kena blokir.

Plus, kalo betina yang ber-Wolbachia nikah sama jantan yang anti-Wolbachia, anaknya nanti semuanya bawa Wolbachia. Seru, kan?

Ini bukan cuma Indonesia yang coba trik kece ini, guys.

Ada 9 negara lain yang sudah sukses menerapkan Wolbachia, termasuk Brazil, Australia, Vietnam, dan beberapa negara keren lainnya. Jadi, ini bukan main-main, ini strategi kelas dunia!

Proyek ini jadi pilot di 5 kota di Indonesia, yaitu Semarang, Jakarta Barat, Bandung, Kupang, dan Bontang.

Semua ini sesuai dengan Keputusan Menteri Kesehatan RI, nomor 1341. Jadi, kita tuh lagi jadi pusat perhatian dunia nih, guys!

Penasaran gak, sejak 2011, World Mosquito Program (WMP) di Yogyakarta udah riset banget tentang Wolbachia ini.

Ada dukungan dari yayasan Tahija juga, loh. Mereka udah riset dari 2011-2015, dengan fase persiapan dan pelepasan Aedes aegypti ber-Wolbachia. Keren, kan?

------

Info Viral Gabung di Channel WHATSAPP kami atau di Google News

Berlangganan Info Menarik Kami

Silahkan subscribe email anda! Jangan lewatkan, hanya artikel dan tips menarik yang akan kami kirimkan ke Anda

Latest

UPDATE! Kumpulan Daftar Jadwal Kapal Pelni Bulan Mei 2024 Lengkap Cara Beli Tiket Kapal Laut

Hai, gengs! Ada kabar seru nih buat kamu pecinta traveling kapal laut! Kapal PELNI siap mengantar petualanganmu dengan jadwal...

More Articles Like This

Favorite Post