Senin, Februari 26, 2024

7 Kuliner Lezat di Yogyakarta Selain Gudeg yang Wajib Kamu Coba

Must Read
Tolong Kasih Bintang Penilaian. Terima kasih.

Begitu populer dan dicari-cari oleh pengunjung dari seluruh Indonesia, gudeg menjadi makanan khas yang tidak tergantikan di Yogyakarta. Meskipun demikian, Yogyakarta juga menyajikan beragam pilihan makanan enak yang layak dicoba, selain gudeg.

Tapi, di samping itu Yogyakarta juga punya segudang makanan lain. Ada beragam makanan lezat lain seperti bakmi, sate klatak, oseng mercon dan masih banyak lagi. Kamu bahkan bisa menemukan rahang tuna bakar ukuran jumbo di Yogyakarta.

ARTIKEL LAIN:

Tempat Wisata di Jogja yang Ramai di Kunjungi 2022

Ga Nyesal Datang! 6 Destinasi Wisata Di Yogya Ini Lagi Hits Banget

Buat kamu yang sedang di Yogyakarta tapi bosan dengan gudeg, berikut beberapa rekomendasi tempat kuliner di Yogyakarta yang bisa dicoba, lengkap dengan alamat dan jam bukanya lho :

1. Sate Klatak

Makanan khas daerah Yogyakarta yang pertama yaitu sate klatak. Sate ini memiliki keunikan tersendiri jika dibandingkan dengan sate dari kota lainnya.

Bukan dari daging yang digunakan yang membuat sate ini unik tetapi dari tusukan jeruji besi yang digunakan untuk membakar sate ini.  Daging kambing yang sudah dibumbui dengan menggunakan rempah-rempah, lalu ditusuk menggunakan jeruji besi.

Cita rasa yang super enak dan lezat ini telah mencuri perhatian baik warga Jogja maupun wisatawan. Daging yang lezat, lembut dan gurih dengan suguhan sate goreng/bakar, tongseng ataupun tengkleng dengan kuah yang pedas disajikan dengan nasi hangat.

Harga untuk satu porsi sekitar Rp 20.000. Anda wajib sekali menyantap sate klathak ini yang terletak di Pasar Wonokromo, Jalan Imogiri Timur No 5, Wonokromo, Pleret, Bantul.

Jika Anda ingin ke Imogiri dari arah Teriminal Giwangan Yogyakarta maka Anda akan melewati Pasar Wonokromo ini.

Warung sate ini buka dari pukul 18.30 sampai 01.00 WIB. Kamu harus siap-siap mengantri kalau tidak ingin kehabisan.

2. Oseng Mercon

Makanan khas dari Yogyakarta selanjutnya ada oseng mercon yang terkenal dengan rasa pedasnya.

Salah satu tempat makan yang menyediakan oseng mercon paling banyak dikunjungi wisatawan yaitu oseng mercon Bu Narti.

Oseng mercon Bu Narti diketahui sudah ada sejak tahun 1997. Tetelan daging sapi yang dimasak dengan cara di oseng  dan ditambahkan dengan rempah dan cabai rawit membuat makanan ini terasa sangat menggugah selera.

Buatmu yang pengin mencoba bisa datang langsung ke warung Oseng Mercon Bu Narti di Jalan KH. Ahmad Dahlan Nomor 110, Notoprajan, Ngampilan, Kota Yogyakarta.

Perlu diketahui bahwa warung ini pindah dari lokasi awalnya. Kini warungnya berada di sebrang jalan (warung sebelumnya), dekat dengan lampu merah.

Jam operasional Oseng Mercon Bu Narti setiap hari pukul 16.00 – 23. 000 WIB. Jika tak ingin antre dan menunggu, kamu bisa datang sebelum pukul 18.00 atau jam makan malam.

  1. Soto Bhatok

    Mbah Katro

Salah satu opsi menarik untuk menu sarapan di Yogyakarta adalah Saoto atau Soto Bhatok Mbah Katro. Sesuai dengan namanya, hidangan soto ini disajikan dalam mangkuk yang terbuat dari batok kelapa.

Porsinya memang sedikit lebih kecil dari biasanya. Namun, jangan khawatir karena Anda dapat dengan mudah memesan porsi tambahan tanpa merusak anggaran Anda.

Untuk melengkapi sarapan Anda, Anda juga dapat menambahkan tempe goreng, sate telur puyuh, dan sate usus sebagai pelengkap.

Warung nasi soto ayam yang terkenal ini terletak di Sambisari, Purwomartani, Kalasan, Sleman. Jam operasionalnya dimulai dari pukul 6 pagi hingga 4 sore.

4. Mie Ayam Kotabaru/ Kobar Jaya

Ya, mie memang selalu jadi menu pilihan untuk pengganti nasi. Jadi tak heran kalau mie banyak ditemukan dengan berbagai olahan, termasuk mie ayam.

Buat pecinta mie ayam wajib datang ke tempat legendaris yang satu ini. Mie yang jadi favorit siswa SD Ungaran, karena lokasinya di depan SD Ungaran.

Mie ayam yang satu ini agak unik karena salah satu menunya dibuat dengan mie berwarna hijau. Mie ini bisa jadi pilihan buat yang bosan dengan mie kuning. Apalagi disajikan di atas mangkuk pangsit.

Meski sedikit berbeda, tapi keduanya sama-sama diolah dengan bumbu gurih yang lezat serta ditambah dengan topping potongan ayam dengan bumbu manis.

Lokasinya ada di Jalan Ungaran dan mulai buka sejak pukul 07.30 pagi hingga 3 sore.

5. Warung Rahang Tuna Om Anwar

Nah, buat pecinta ikan laut, wajib datang ke tempat yang satu ini dan mencicipi menu spesialnya, yaitu rahang tuna.

Kamu bisa memesan rahang tuna bakar dengan pilihan sambal terasi mangga atau dabu-dabu. Menu lain yang bisa kamu temukan di sini adalah ikan kerapu, kakap, baronang, dan masih banyak lagi.

Warung ini berlokasi di Jalan Perumnas No. 234A, Kledokan dan buka mulai pukul 10.00 pagi.

6. Tengkleng Gajah

Sesuai namanya, tengkleng gajah adalah olahan daging kambing yang porsinya besar maka disebut ‘gajah’. Potongan dagingnya juga besar-besar, tapi empuk.

Lokasi Tengkleng Gajah tak jauh dari jalan utama Kaliurang, tepatnya di Jalan Gantalan No.Km.9,3, Gantalan, Minomartani, Ngaglik, Sleman, Yogyakarta.

Tengkleng Gajah menyediakan beragam menu mulai dari tengkleng goreng, tongseng jengkol, nasi briyani, jeroan sambal bawang, gule, tongseng kepala dan yang paling favorit di sini adalah tengkleng gajah goreng sambal bawang.

Itulah beberapa makanan enak selain gudeg yang wajib dicoba saat sedang berkunjung ke Yogyakarta. Jangan lupa untuk singgah dan mencobanya ya.

------

Info Viral Gabung di Channel WHATSAPP kami atau di Google News

Berlangganan Info Menarik Kami

Silahkan subscribe email anda! Jangan lewatkan, hanya artikel dan tips menarik yang akan kami kirimkan ke Anda

Latest

Sinopsis Film India WELCOME, Keluarga Gangster dan Cinta yang Terlarang Kisah Akshay Kumar Pria Biasa dan Katrina Kaif Putri Gangster

Film Welcome (2007) adalah salah satu film Bollywood yang bikin ketawa sekaligus kagum. Disutradarai oleh Anees Bazmee dan diproduseri...

More Articles Like This

Favorite Post