Rabu, Mei 8, 2024

Wah, Terbukti Ampuh, Nyamuk Wolbachia Bikin Heboh Atasi DBD di 9 Negara, Ada Apa di Balik Kesuksesannya?

Must Read
Tolong Kasih Bintang Penilaian. Terima kasih.

GENDIS.ID – Kabar dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes) nih, katanya teknologi wolbachia ini keren abis buat ngurangin demam berdarah dengue (DBD). Eh, katanya udah diuji coba di sembilan negara lho! Ada Brasil, Australia, Vietnam, Fiji, Vanuatu, Meksiko, Kiribati, Kaledonia Baru, dan Sri Lanka. Lu tau kan negara-negara itu? Nah, sekarang giliran Indonesia nyoba.

TERKAIT: Heboh, Rahasia Nyamuk Wolbachia Bikin Warga Gagal Fokus, Apa Hubungannya dengan Demam Berdarah?

Kepala Biro Komunikasi dan Pelayanan Publik Kemenkes, Siti Nadia Tarmizi, cerita bahwa teknologi nyamuk wolbachia ini dijalankan sebagai pilot project di lima kota di Indonesia. Ada Semarang, Jakarta Barat, Bandung, Kupang, dan Bontang. Pokoknya, ini udah jadi bagian dari Strategi Nasional, katanya.

Nadia juga ngingetin soal efektivitas wolbachia yang udah diuji sejak 2011 di Yogyakarta. Mereka kerjasama sama World Mosquito Program (WMP) dengan dukungan dari yayasan Tahija. Nah, katanya si Wolbachia ini bisa ‘ngelumpuhin’ virus dengue di tubuh nyamuk Aedes aegypti. Jadi, virusnya gak bisa lewat ke manusia.

VIRAL: Bali Heboh Gara-Gara Nyamuk Wolbachia, Kemenkes Bikin Warganet Galau!

Ini dia trik jitu Wolbachia, kalo nyamuk Aedes aegypti jantan yang berwolbachia kawin sama yang betina, virus dengue-nya diblokir. Kalo yang betina berwolbachia kawin sama yang jantan tanpa wolbachia, seluruh telurnya bakal bermutu wolbachia! Jelasinnya kaya main catur, ya, gampang dimengerti gitu.

Jadi, katanya sih, Wolbachia ini bener-bener jadi senjata ampuh buat lawan DBD. Bakal bikin nyamuk jadi temen, nih! Wolbachia, go go go!

------

Info Viral Gabung di Channel WHATSAPP kami atau di Google News

Berlangganan Info Menarik Kami

Silahkan subscribe email anda! Jangan lewatkan, hanya artikel dan tips menarik yang akan kami kirimkan ke Anda

Latest

Katalog Promo Naga Swalayan Periode 8-10 Mei 2024, Produk Pembersih Rumah Diskon Sampe 50%

Hey, guys! Buat kalian yang lagi cari promo belanja hemat, ada nih katalog promo Naga Swalayan periode 8-10 Mei...

More Articles Like This

Favorite Post