Jumat, Februari 23, 2024

Mood sedang Down? Ini 4 Cara Memperbaiki Suasana Hati Yang Mudah Tanpa Repot Keluar Rumah

Must Read
Tolong Kasih Bintang Penilaian. Terima kasih.

Suasana hati yang tidak baik tidak hanya akan sulit bagi Anda, tetapi juga bagi orang-orang di sekitar Anda.

Mengalami berbagai gejolak emosi dan tidak selalu merasa bahagia adalah hal yang manusiawi; namun, ini bukan berarti Anda harus pasrah ketika ketidaknyamanan mulai datang.

Ketika suasana hati memburuk, dorong diri Anda untuk segera memperbaikinya.

Meskipun cara yang digunakan setiap orang mungkin berbeda, ada beberapa cara umum yang umumnya efektif untuk memperbaiki suasana hati seseorang.

Suasana alam dapat membuat hati menjadi tenang dan damai.

Hanya dengan beberapa menit mendengarkan suara burung atau berjalan tanpa alas kaki, tidur dapat menjadi lebih baik, kesehatan dapat membaik, dan tingkat kebahagiaan dapat meningkat.

Penelitian yang dilakukan oleh American National Library of Medicine menemukan bahwa menghabiskan hanya 20 menit sehari untuk berjemur dapat meningkatkan suasana hati dan kualitas tidur.

Alam membantu meningkatkan produksi hormon bahagia dan mengurangi hormon negatif.

Menghabiskan waktu di alam dapat memicu reaksi bahagia, mengurangi hormon stres kortisol, meningkatkan kadar serotonin atau hormon bahagia, dan bahkan meningkatkan produksi hormon cinta oksitosin.

Namun, seringkali kita tidak punya waktu, bahkan hanya 20 menit sehari, untuk berada di luar ruangan. Mungkin karena kesibukan bekerja, mengurus anak-anak, atau cuaca yang tidak bersahabat.

Tapi ada berita baik. Penelitian yang dilakukan oleh Profesor Dacher Keltner di Universitas California, Berkeley menunjukkan bahwa hanya dengan melihat tayangan atau gambar-gambar tentang alam, emosi positif dapat meningkat.

Melalui kerja sama dengan BBC, penelitian ini melibatkan 7.500 orang dari Amerika Serikat, Inggris, India, Singapura, Afrika Selatan, dan Australia, yang diminta untuk mengisi survei singkat tentang suasana hati mereka sebelum menonton serial Planet Earth II dari BBC.

Penelitian Keltner menemukan bahwa mereka yang menonton tayangan tersebut ternyata mengalami penurunan emosi seperti kecemasan dan ketakutan.

Berikut ini adalah empat cara mudah untuk memperbaiki suasana hati melalui alam tanpa harus keluar rumah, seperti yang dilansir oleh Hello Magazine.

  1. Mendengarkan suara alam

Misalnya, mendengarkan nyanyian burung melalui Spotify. Cukup gunakan mesin pencari dan temukan berbagai suara burung yang berkicau.

2. Mengganti latar belakang layar

Jangan hanya menggunakan foto diri atau idola sebagai latar belakang layar perangkat Anda. Cobalah menggantinya dengan gambar pemandangan alam yang indah.

3. Membawa alam ke dalam rumah

Caranya bisa dengan menghias rumah dengan berbagai pot tanaman atau memelihara burung di dekat jendela.

Salah satu cara paling jelas untuk lebih melibatkan alam di rumah adalah dengan membuka jendela dan membiarkan banyak cahaya masuk.

Dengan menambahkan cahaya alami sebanyak mungkin, kita bisa mendapatkan manfaat dari alam bebas dan meningkatkan pola tidur dan kewaspadaan kita.

4. Mengikuti safari virtual

Coba ikuti tur safari di Afrika secara virtual dan nikmati hiburan dari satwa liar di sana. Anda juga dapat menonton acara-acara tentang alam liar di televisi.

Dengan mengambil langkah-langkah sederhana ini, Anda dapat merasakan manfaat dari alam tanpa harus meninggalkan kenyamanan rumah Anda.

------

Info Viral Gabung di Channel WHATSAPP kami atau di Google News

Berlangganan Info Menarik Kami

Silahkan subscribe email anda! Jangan lewatkan, hanya artikel dan tips menarik yang akan kami kirimkan ke Anda

Latest

HADIAH JUMATAN! Kode Redeem FF TERBARU 23 Februari 2024! Dapatkan Hadiah Langka dengan Cara Mudah!

Buat kalian yang lagi cari kode redeem Free Fire (FF) terbaru 23 Februari 2024, nih, bisa jadi ini yang...

More Articles Like This

Favorite Post