Friday, October 7, 2022

7 Tips Diet Sehat bagi Orang Tua, Rahasia Tubuh Langsing Ideal Dalam Jangka Waktu Lama

Usia senja membuat kita sadar kesehatan. Diet sehat pun diterapkan. Salah diet menyebabkan penyakit. Simak Tips Diet Sehat bagi Orang Tua

Must Read
Mohon Kasih Bintang

GENDIS.ID – Tak bisa dipungkiri, banyak orang menginginkan berat badan yang ideal, selain untuk meningkatkan kepercayaan diri, tujuan utamanya adalah untuk hidup lebih sehat. Apalagi jika usia anda sudah tidak muda bahkan masuk kategori sudah uzur. Maka kami sajikan beberapa Tips Diet Sehat bagi Orang Tua ini.

Oleh karena itu, banyak orang yang melakukan pola hidup sehat, yang identik dengan diet sehat, karena selain mendapatkan berat badan ideal, juga mampu mencegah munculnya berbagai jenis penyakit. Pola hidup tidak sehat memicu obesitas dan munculnya berbagai jenis penyakit, entah itu karena sering makan makanan junk food, minuman beralkohol, kurang istiraht karena begadang, atau merokok, dll.

Diet sehat merupakan diet yang bertujuan untuk membantu meningkatkan kesehatan dalam jangka waktu yang panjang, jadi berbeda dengan diet ketat yang bertujuan untuk menurunkan berat badan secara cepat tanpa memikirkan faktor kesehatan yang dapat membahayakan tubuh.

Menurut Center for Disease Control and Preventation, jumlah penurunan berat badan yang sehat itu dalam seminggu adalah sekitar 0,5 sampai dengan 1 kilogram.

Kalau melakukan diet ketat tentu sangat berat bagi orang yang sudah tua. Tidak mungkin bagi Orang Tua melakukan Diet lalu mendapatkan berat badan yang kurus dengan waktu instant, besar kemungkinan akan mengakibatkan masalah kesehatan.

Baca Juga:

Tips Dan Cara Diet Tanpa Tersiksa

6 Ciri Diet Terlalu Ketat Dan Tidak Sehat

Para Ahli Yakin, Ini 5 Jenis Kacang Yang Buat Awet Muda dan Sehat

Maka, untuk mengetahui bagaimana pola diet yang sehat untuk tubuh orang tua berikut ini adalah Tips Diet Sehat bagi Orang Tua:

1) Tidak Melewatkan Waktu Makan

Anggapan yang salah, kalau melewatkan satu waktu makan akan membuat asupan kalori lebih sedikit, sehingga lebih cepat langsing. Menurut ahli gizi teregistrasi dari Texas, Angrla Lemond, RDN, tubuh memerlukan energi. Melewatkan makan malah membuat rentan terhadap perilaku makan berlebihan serta berisiko kekurangan nutrisi dan lebih gampang terkena penyakit.

Konsumsilah makanan yang mengandung banyak serat, seperti roti dan pasta gandum, oat, sayur dan buah-buahan, kacang-kacangan dan biji-bijian. Buatlah menu padat nutrisi seperti pasta gandum porsi kecil dengan brokoli, udang, bawang putih dan perasan lemon.

Bila ingin makanan yang tinggi nutrisi makro yang mengenyangkan, perbanyaklah konsumsi makanan tinggi protein. Protein adalah nutrisi makro yang paling bisa membuat kenyang, dan juga membantu meningkatkan massa otot sehingga mampu memperbaiki metabolisme tubuh. Sumber protein yang baik adalah: produk susu, ikan, selai kacang, telur, kacang-kacangan, dan daging tanpa lemak.

2) Mengurangi Konsumsi Gula Dan Garam

Buatlah makanan atau camilan sehat yang rendah gula dan garam, seperti buah-buahan, minuman smoothie buatan sendiri, salad buah, salad sayur.

3) Selalu Prioritaskan Minum Air Putih

Minum air putih setidaknya 8 gelas per hari dapat menjaga tubuh tetap terhidrasi. Air putih tidak memiliki kalori tambahan jadi aman dikonsumsi bagi yang ingin diet sehat. Daripada minum minuman manis seperti soda, kopi, teh, boba atau minuman beralkohol yang tidak sehat karena tinggi gula dan tidak memiliki nutrisi, lebih baik pilih minum air putih yang sangat bagus untuk kesehatan tubuh.

Ditambah lagi, menurut konselor gizi dan pendiri Nourished Bite, Megan Casper, RDN, penelitian membuktikan bahwa orang-orang yang minum dua gelas sebelum makan dapat menurunkan berat badan lebih banyak daripada yang tidak.

Sebabnya, tubuh bisa salah mengenali rasa haus sebagai rasa lapar. Ketika makan dalam kondisi tubuh yang haus, kecenderungan terjadi makan lebih banyak.

4) Lakukan Kebiasaan Makan Dengan Perlahan

Journal of The American Dietetic Association menjelaskan bahwa orang yang makan cepat memiliki 115% kemungkinan mengalami obesitas dibandingkan dengan orang yang makan perlahan.

Banyaknya makanan yang dimakan dan rasa kenyang dikontrol oleh hormon, yang membutuhkan waktu 20 menit untuk otak mendapatkan sinyal untuk memproses bahwa sebenarnya sudah kenyang. Maka, dengan makan pelan-pelan dan lebih banyak mengunyah akan mengurangi kalori yang dikonsumsi dan membantu menurunkan berat badan.

5) Gunakan Metode Memasak Yang Sehat

Pilihlah metode memasak yang sehat, seperti merebus, memanggang tanpa minyak atau membuat sop. Boleh sesekali menggoreng , tapi jangan keseringan ya.

Memasak sayur jangan terlalu lama, supaya vitamin dan gizinya tidak hilang akibat proses memasak.

6) Rutin Berolahraga

Aturlah rutinitas berolahraga yang sehat, mulai secara bertahap dulu, jangan langsung digeber ya, yang penting konsistensinya. Cobalah olahraga kardio seperti aerobik yang membantu membakar kalori cengan cepat.

“Latihan aerobic membantu menurunkan berat badan dengan meningkatkan pembakaran kalori secara keseluruhan, karena tingkat metabolisme yang baik,” kata Phil Holbrook, NASM Elite Trainer dilansir dari ShareCare.

Berjalan santai, berenang, bersepeda juga boleh dicoba selain mampu membakar kalori, juga dapat mengurangi stress lho.

7) Kualitas Tidur Yang Cukup

Jika ingin menurunkan berat badan, imbangilah dengan tidur minimal 7 jam per malam. Karena kualitas tidur yang buruk mengakibatkan cenderung mudah lelah, letih, emosi tak stabil dan selalu ingin makan lebih banyak.

Jadi, kualitas tidur yang cukup sangat penting, sama pentingnya dengan mengkonsumsi makanan sehat dan berolahraga untuk menurunkan berat badan.

Berlangganan Info Menarik Kami

Silahkan subscribe email anda! Jangan lewatkan, hanya artikel dan tips menarik yang akan kami kirimkan ke Anda

Latest

3 Penyebab Coil Gunk dan Cara Mengatasinya

GENDIS.ID - Kali ini kita akan membahas apa saja penyebab coil gunk serta bagaimana cara mengatasinya. Pernah kalian rasakan,...

More Articles Like This

Favorite Post