Selasa, April 30, 2024

Mengenal Objek Wisata Danau Ranau Lombok

Bagaimana bila Lombok juga bisa kita temukan di pulau Sumatera. Tepatnya di Provinsi Sumatera Selatan Kabupaten Lampung Barat. Di daerah tersebut terdapat objek wisata bernama Danau Ranau di kampung Lombok

Must Read
5/5 - (1 vote)

Mengenal Objek Wisata Danau Ranau Lombok – Dengar kata Lombok kita pasti teringat pada Provinsi Nusa Tenggara Barat. Lombok merupakan salah satu daerah dengan destinasi wisata yang sangat banyak dan beragam. Namun bagaimana bila Lombok ternyata bisa kita temukan di pulau Sumatera. Tepatnya di Provinsi Sumatera Selatan Kabupaten Lampung Barat. Di daerah tersebut terdapat objek wisata bernama Danau Ranau di kampung Lombok.

Artikel Menarik Lain:

3 Pantai Paling Eksotis di Indonesia Yang Harus Anda Singgahi

Wisata Malam di Jakarta Paling Ramai di Kunjungi

Daftar Wisata di Sentul Terbaru Dan Hits

Wisata Danau Ranau merupakan salah satu destinasi wisata yang terletak di kampung Lombok, Kecamatan Sukau, Kabupaten Lampung Barat. Sebagian lagi masuk wilayah kabupaten Oku Selatan. Itu artinya Danau Ranau ini masuk wilayah perbatasan antara Kabupaten Lampung Barat dengan Kabupaten Oku Selatan. Seperti apakah keindahan Tempat Wisata Danau Ranau Lombok ini.

Berikut ini kami sajikan ulasan tentang Tempat Wisata Danau Ranau Lombok yang perlu kamu ketahui.

Asal muasal Danau Ranau Lombok

Danau Ranau terbentuk dari letusan gunung berapi dan gempa vulkanik. Sehingga membentuk cekungan lebar. Cekungan tersebut kemudian dialiri oleh air yang berasal dari sungai di kaki Gunung Seminung.  Setelah cekungan tersebut dipenuhi agar tanah di pinggir Danau ditumbuhi oleh semak-semak. Di mana oleh masyarakat setempat, semak-semak tersebut disebut Ranau. Muncullah nama Danau Ranau yang diberi nama oleh masyarakat setempat. Sisa gunung api yang meletus tersebut kemudian membentuk gunung seminung di samping Danau Ranau.

Keindahan Alam Danau Ranau Lombok

Danau Ranau merupakan salah satu objek wisata alam yang sangat eksotis. Udaranya sangat bersih dan bebas dari polusi. Sebab berada di daerah pegunungan yang notabene kebersihannya masih terjaga.  Sebagai salah satu destinasi wisata alam Danau Ranau tentu menyajikan keindahan yang berbeda dan luar biasa. Terletak di kaki Gunung Seminung, Danau Ranau ini menjadi muara mata air yang berasal dari gunung.

Pada sisi lain gunung seminung terdapat air panas yang berasal dari dasar danau. Terdapat juga pulau Marisa yang merupakan daratan terpisah dengan Gunung Seminung. Daratan ini terpisah karena genangan air danau Ranau dengan luas tidak lebih dari 1 hektar. Di sekitar danau terdapat air terjun yang bernama air terjun Subig.  Di pinggir danau terdapat hamparan rerumputan yang bisa digunakan untuk bersantai. Juga terdapat beberapa pohon untuk bernaung dari panas terik matahari. Perpaduan pemandangan air gunung dan hamparan rerumputan menyajikan keindahan alam yang luar biasa.

Artikel Menarik Lain:

Tips Memilih Blazer untuk Pakaian Kerja Anda

Tempat Makan Dimsum All You Can Eat Di Bali

Saat mendaki ke atas gunung kamu bisa melihat luasnya Danau Ranau dengan jelas. Panorama alam yang menyajikan perpaduan antara hijaunya tumbuhan tingginya gunung serta jernihnya air pegunungan. Keindahan Danau dan alam sekitar juga tersaji dengan cukup apik.

Kalau memilih mengunjungi Pulau Marisa kamu akan menemukan hamparan rumput yang dihiasi dengan jejeran pohon kelapa. Untuk mengunjungi Pulau Marisa ini kamu bisa berlayar dari Danau menggunakan raket atau perahu.

Fasilitas Tempat Wisata Danau Ranau Lombok

Wisata Lombok Danau Ranau sudah dilengkapi dengan beberapa fasilitas. Akses untuk menuju ke lokasi-pun juga sudah cukup baik. Fasilitas yang ada di antaranya ialah hotel dengan tingkat bintang 3. Jadi bila anda hendak menginap tidak perlu khawatir soal penginapan. Atau bila anda hendak mendaki gunung Sudah ada fasilitas pemandu yang merupakan masyarakat setempat. Untuk kelengkapan pendakian memang harus menyediakan sendiri.

Rute Menuju Objek Wisata Lombok Danau Ranau Lombok

Untuk tiba di objek wisata Danau Ranau ini kamu harus menempuh perjalanan darat selama 9 jam dari Palembang. Perjalanan yang cukup melelahkan bila anda berasal dari luar pulau Sumatera. Jadi alangkah lebih baik bila anda menjaga stamina dengan baik. Beristirahatlah bila diperlukan agar tidak terjadi sesuatu yang tidak diinginkan dalam perjalanan. Sedangkan dari kabupaten Oku Selatan kamu hanya perlu menempuh perjalanan selama satu setengah jam. Jarak antara Kabupaten Oku Selatan dengan Danau Ranau kira-kira 55 km.

Itulah ulasan tentang destinasi Wisata Danau Ranau Lombok yang perlu kamu ketahui. Sehingga dapat menjadi salah satu referensi bila kamu berencana mengunjungi lokasi wisata yang satu ini.

------

Info Viral Gabung di Channel WHATSAPP kami atau di Google News

Berlangganan Info Menarik Kami

Silahkan subscribe email anda! Jangan lewatkan, hanya artikel dan tips menarik yang akan kami kirimkan ke Anda

Latest

Viral Aksi NeKat! Acil Jouleha Seleb Tiktok Hancurkan Rumahnya Sendiri, Penyebabnya Bikin Terkejut

Hai guys, ada kabar seru nih dari dunia TikTok! Baru-baru ini, Viral Aksi NeKat! Acil Jouleha Seleb Tiktok Hancurkan...

More Articles Like This

Favorite Post