Sabtu, Mei 25, 2024

7 Trik Terbukti, Cara Liburan Hemat Tanpa Menguras Kantong

Must Read
Tolong Kasih Bintang Penilaian. Terima kasih.

Banyak orang memiliki minat dan hobi untuk melakukan perjalanan liburan atau traveling. Namun, seringkali biaya yang tinggi menjadi kendala yang menghalangi mereka untuk melaksanakan kegiatan tersebut.

Tapi, tahukah kamu bahwa ada beberapa trik yang dapat kamu lakukan untuk melakukan traveling hemat tanpa harus menguras kantongmu?

TERKAIT: 

Rekomendasi Tempat Wisata PIK yang Instagramable: Menikmati Alam, Kuliner, dan Budaya di Jakarta Utara

Berencana Liburan Ke Sumatera Utara? Cek Tempat Wisata di Sumatera Utara ini Hitsnya

Yuk, simak tips-tips traveling hemat berikut ini, yang akan membantu kamu merealisasikan liburan tanpa harus menghabiskan terlalu banyak uang.

Cara Liburan Hemat

1. Rencanakan Dengan Matang Jauh Jauh Hari

Tips traveling hemat pertama adalah merencanakan segala sesuatunya dengan matang jauh-jauh hari sebelum melakukan perjalanan.

Lakukan riset mengenai destinasi wisatamu secara mendetail. Dengan akses mudah ke informasi yang tersedia saat ini, kamu dapat dengan mudah menemukan informasi yang kamu butuhkan mengenai destinasi wisata yang ingin kamu kunjungi.

Dengan melakukan perencanaan yang baik, kamu akan mengetahui hal-hal penting yang harus dipersiapkan dan dilakukan agar perjalananmu menjadi menyenangkan.

Jangan lupa untuk selalu menyiapkan rencana cadangan untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan terjadi selama perjalanan.

BACA JUGA: Lokasi Makan Dimsum di Bandung dan Bogor

2. Pilih Saat Liburan Low Season

Salah satu cara untuk melakukan traveling hemat adalah dengan memilih waktu liburan pada musim low season.

Pada saat ini, permintaan wisatawan tidak terlalu tinggi, sehingga harga transportasi dan akomodasi cenderung lebih rendah dibandingkan pada musim liburan high season.

Untuk menentukan musim low season, kamu dapat melihat jadwal liburan yang tidak terlalu diminati oleh banyak wisatawan, seperti setelah Hari Raya (Lebaran dan Natal), atau setelah masa liburan sekolah (setiap semester atau kenaikan kelas).

BACA JUGA: Temukan Suasana Baru di Jakarta Pusat dengan 5 Kafe yang Siap Membuat Anak-Anakmu Tertawa dan Orang Tua Bahagia

3. Manfaatkan Promo Liburan

Tips traveling hemat dan menyenangkan selanjutnya adalah dengan memanfaatkan promo liburan yang ditawarkan oleh penyedia tiket dan hotel.

Jika kamu menggunakan jasa agen perjalanan, carilah informasi mengenai promo yang ditawarkan oleh agen tersebut dan manfaatkannya untuk perjalananmu.

Saat ini, banyak penyedia tiket transportasi dan hotel yang menyediakan promo khusus untuk pelanggan mereka. Kamu dapat mencoba menjadi pelanggan di penyedia-penyedia tersebut dan memanfaatkan promo-promo yang ditawarkan.

TRENDING: Sha-Waregna All You Can Eat Hadir di Bekasi! Temukan Kelezatan Makanan Khas Indonesia Tanpa Batas!

4. Catat Pengeluaranmu

Tidak ada gunanya melakukan perencanaan keuangan untuk perjalananmu jika kamu tidak mencatat setiap pengeluaran yang kamu lakukan selama perjalanan.

Oleh karena itu, penting untuk mencatat semua pengeluaran yang telah kamu keluarkan. Meskipun terasa merepotkan, hal ini akan membantu kamu mengatur keuanganmu dengan baik.

Untuk mencatat pengeluaranmu, kamu dapat menggunakan buku kecil atau menggunakan aplikasi pembayaran non-tunai di ponselmu yang dapat dengan mudah diunduh.

Hal ini akan membantu kamu memantau apakah pengeluaranmu masih sesuai dengan anggaran yang telah kamu rencanakan sebelumnya. Sehingga, kamu dapat melakukan perjalanan hemat dengan lebih terencana.

TRENDING: Legendaris Nih, 8 Tempat Makan All You Can Eat Bali Paling Murah dan Terkenal

5. Pilih Akomodasi yang Sesuai dengan Anggaran

Jika kamu memiliki teman atau kerabat di destinasi wisata yang ingin kamu kunjungi, sebaiknya mempertimbangkan untuk menginap di tempat mereka. Ini akan membantu kamu menghemat biaya akomodasi.

Namun, jika tidak memungkinkan, carilah penginapan yang murah namun tetap nyaman dan aman. Abaikan fasilitas yang tidak terlalu kamu butuhkan, seperti televisi atau kolam renang.

Pertimbangkan kebutuhan dasarmu selama perjalanan dan pilihlah tempat tidur yang nyaman serta fasilitas yang memungkinkanmu untuk mengisi ulang perangkat elektronikmu.

BACA JUGA: Wajib Tahu! Rahasia Tampil Elegan dengan Desain Baju Couple yang Simpel Tapi Mewah

6. Hemat dengan Memilih Makanan

Menikmati makanan enak tidak selalu harus dilakukan di restoran mahal, tetapi kamu juga bisa menemukannya di warung atau pedagang kaki lima di pinggir jalan.

Harganya relatif lebih murah, namun tetap bisa membuatmu kenyang, sesuai dengan prinsip traveling hemat yang kamu jalani. Jika kamu ragu, carilah ulasan tempat makan yang kamu inginkan dengan mudah melalui internet.

Bisa juga membeli dan memilih makanana secara online bisa menjadi alternatif lain untuk menghemat.

BACA JUGA: Jangan Salah Merawat Jam Tangan Kulitmu, Lakukan Langkah Ini untuk Membuatnya Awet

7. Bawa Minuman Sendiri

Tips traveling hemat terakhir berkaitan dengan konsumsi air minum selama perjalanan.

Ketika melakukan perjalanan jauh, kamu pasti membutuhkan air minum yang cukup banyak, bukan?

Namun, membeli air minum kemasan secara terus-menerus dapat membebani anggaranmu. Untuk tetap menjalankan perjalanan hemat, sebaiknya kamu membawa botol minuman sendiri dari rumah.

------

Info Viral Gabung di Channel WHATSAPP kami atau di Google News

Berlangganan Info Menarik Kami

Silahkan subscribe email anda! Jangan lewatkan, hanya artikel dan tips menarik yang akan kami kirimkan ke Anda

Latest

Penjelasan Lengkap Arti Kata Sotagasur, Makna Vulgar di Balik Kata Viral TikTok

Nah, gini nih guys, ada istilah keren lagi yang lagi hits di TikTok, yaitu "sotagasur". Istilah ini sering banget...

More Articles Like This

Favorite Post